Monday 6 April 2015

Secondhand for Life Fully Supports "Senyum Besar Buat Kendra"



~It's not how much you give but how much love you put into giving.~


Usia Maximillianus Nararya Kendradhipa (Kendra) belum genap empat tahun. Namun, bocah kelahiran Jakarta, 13 Mei 2011 itu sudah harus merasakan penderitaan luar biasa akibat kanker kelenjar adrenal (Myxoid Adrenocortical Neoplasm). Penyakit ini tergolong sangat langka karena sampai sekarang hanya ditemukan 100 kasus serupa di seluruh dunia.

Cobaan hidup Kendra berawal saat ia berumur 10 bulan. Ketika itu orang tuanya, Paulus dan Dhita, curiga melihat wajah sang buah hati yang cenderung bengkak (moonface). Oleh dokter anak, Kendra langsung dirujuk untuk bertemu dengan dokter spesialis endokrin karena dicurigai ada masalah hormonal. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, ternyata ditemukan massa berukuran 4 - 5 cm di kelenjar adrenal Kendra.

Kelenjar adrenal berfungsi melepaskan berbagai hormon ke dalam tubuh dan ikut memengaruhi organ reproduksi serta metabolisme. Karena ada tumor di kelenjar ini, hormon dalam tubuh jadi terganggu dan memicu pertumbuhan yang tidak wajar. Salah satu akibatnya, wajah Kendra sudah ditumbuhi kumis dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Awalnya keluarga tak tega jika Kendra harus menjalani operasi untuk mengangkat tumor tersebut. Apalagi kondisi sang buah hati terlihat baik-baik saja selama beberapa tahun. Namun, di pertengahan Januari 2015 Kendra sempat menangis kesakitan sambil menunjuk-nunjuk ke arah perutnya. Setelah dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan intensif, diketahui bahwa ukuran tumor di kelenjar adrenal Kendra sudah membesar sampai sekitar 12 cm dan bersifat ganas.

Kendra pun kemudian dirawat di rumah sakit untuk menjalani biopsi sekaligus operasi pengangkatan tumor. Sayangnya, meski tim dokter sudah berusaha maksimal, ternyata tidak semua tumor bisa diangkat. Beberapa sel tumor masih menempel pada pembuluh darah di hati yang berpotensi menyebabkan pendarahan hebat jika tetap diambil.

Saat ini kondisi Kendra masih memprihatinkan. Sel kankernya sudah menyebar ke mana-mana, termasuk ke liver. Hati Dhita dan Paulus semakin hancur saat dokter mengatakan harapan hidup Kendra untuk 5 tahun ke depan hanyalah 20%.

Komunitas Senyum Besar dan Secondhand for Life akan menggelar charity garage sale pada 9-10 Mei 2015 di Treeangelo Coffee, Kemang Jakarta untuk membantu biaya pengobatan Kendra. Kamu bisa membantu Kendra dengan mendonasikan barang bekas atau uang (cek flyer untuk drop point dan informasi lengkap lainnya) atau berbelanja di charity garage sale kami. 

No comments:

Post a Comment